Sunday, March 11, 2012

what do you think? facebook, an inovation or else?

BAB I
PENDAHULUAN
1.       Latar  Belakang Masalah
Sistem belajar jarak jauh sudah dikembangkan sejak beberapa belas tahun lalu mulai dari surat-menyurat, korespondensi, sampai ke media internetpun sudah dilakukan sebagai inovasi dari pembelajaran. Lalu ketika penulis memasuki semester 4 ada mata kuliah bernama DIP atau Difusi Inovasi Pendidikan yang menggunakan media internet melalui jejaring sosial Facebook sebagai sarananya. Bapak Sitepu dan Ibu Retno lah sebagai Dosen kami memberi tugas mengenai apakah pembelajaran melalui jejaring sosial berupa Facebook merupakan Inovasi atau bukan sesuai dengan teori Rogers dan Reigeluth dan membuat Diagramnya mengenai Berapa banyak yang bilang yes,no ataupun yes&no.
2.       Identifikasi Masalah
Inovasi adalah pembaharuan atau sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, tetapi mengacu pada teori Rogers dan Reigeluth pengertian mengenai inovasi tersebut terdapat perbedaan yang mencolok dan tentu setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai makna inovasi tersebut menurut kedua ahli tersebut dan pastinya jawaban yang bervariasi. Maka dari itu seberapa banyak kah yang menganggap bahwa pembelajaran melalui jejaring sosial tersebut merupakan Inovasi dan seberapa banyak yang menjawab bahwa belajar melalui jejarin gosial tersebut bukan merupakan inovasi, atau bahkan kedua-duanya dapat dibilang inovasi dan bukan inovasi?.

3.       Pembatasan Masalah
Pada tulisan ini dibatas pada berapa banyak mahasiswa yang menganggap bahwa pembelajaran melalui situs jejaring sosial merupakan hal baru atau bukan mengacu pada teori Rogers dan Reigeluth.
4.       Rumusan Masalah
A.      Inovasi menurut Roger dan Reigeluth
B.      Belajar melalui Facebook apakah inovasi atau bukan?



BAB II
PEMBAHASAN
A.      INOVASI
                Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang mempunyai arti membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru. Inovsai kadang pula diartikan sebagai penemuan namun berbeda maknanya dengan penemuan dalam arti discovery. Discovery memiliki makna penemuan sesuatu yang sebenarnya telah ada sebelumnya, tetapi belum diketahui. Proff.Dr.Anna Poejiadi (2001) memberikan penjelasan secara harfiah to discover berarti membuka tutup. Artinya sebelum dibuka tutupnya sesuatu yang ada didalamnya belum diketahui orang.  Kita berada ditengah-tengah samudera hasil inovasi ada inovasi pengetahuan,teknologi, ICT,ekonomi,pendidikan,sosial, dsb.
                Selain itu Tujuan dari utama dari Inovasi adalah
·         Meningkatkan kualitas
·         Menciptakan pasar baru
·         Memperluas jangkauan produk
·         Mengurangi biaya tenaga kerja
·         Meningkatkan proses produksi
·         Mengurangi bahan baku
·         Mengurangi kerusakan lingkungan
·         Mengganti produk atau pelayanan
·         Mengurangi konsumsi energi
·         Menyesuaikan diri dengan undang-undang

B.      INOVASI MENURUT ROGERS DAN REIGELUTH
                Rogers  menyatakan bahwa inovasi merupakan ide, praktik, atau objek yang dianggap baru oleh suatu individu atau kelompok. Jadi ketika inovasi tersebut baru disuatu tempat bukan berarti dianggap baru ditempat lain.
                Reigeluth menyatakan bahwa inovasi adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu dimana hal ini dilakukan untuk memperbaiki sistem yang telah ada sebelumnya dengan melibatkan berbagai aspek agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai/

Jadi mengacu pada dua teori tersebut maka Masyarakat DIP Reg diberikan pertanyaan oleh Bapak sitepu mengenai hal tersebut
"Apakah Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?". Kalau Anda jawab "YES", atau "NO" atau "YES & NO", berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth.

C.      Facebook, Inovasi atau Bukan?
Sesuai dengan tanggapan yang ada maka saya mengumpulkan pendapat mahasiswa dan memvisualkannya melalui Diagram, dan membaginya menjadi beberapa kriteria.
KRITERIA JAWABAN YES,NO,YES&NO





JUMLAH
YES
11 ORANG
NO
1 ORANG
YES&NO
17 ORANG
TOTAL
29 ORANG

71% mahasiswa menjawab yes & no mengacu pada kedua teori tersebut, dimana dikatakan INOVASI ketika hal tersebut dianggap baru oleh pengguna, dan tidak ketika inovasi tersebut dianggap tidak baru, dan beberapa mengatakan mengenai kontinuitas akan forum tersebut. Ketika forum tersebut sudah tidak digunakan lagi ketika pembelajaran telah selesai atau sudah memenuhi kompetensi maka hal tersebut tidak dikatakan lagi sebagai sebuah INOVASI.



KRITERIA JAWABAN YES & NO
Karena jawaban memiliki alasan yang bervariasi maka saya membagi dalam 4 kateogri
Yaitu :
YES A     : Menganggap inovasi karena baru untuk mereka
YES B     : Menganggap Inovasi karena sesuai dengan teori Rogers
NO A     : Karena sudah ada (web learning/melalui internet) maka pembelajaran melalui FB ini bukan merupakan inovasi karena intinya menggunakan internet.
NO B      : Menganggap tidak karena jika pembelajaran melalui FB sudah selesai seperti yang dikatakan Reigeluth mengani kontinuitas(keberlangsungan) maka hal tersebut bukanlah inovasi.

Berikut tabelnya
JAWABAN
JUMLAH
YES A
24
YES B
8
NO A
4
NO B
14
TOTAL
50

Mengapa jumlah total dari jawaban melebihi jumlah koresponden? Karena dalam 1 pertanyaan terdapat dua pernyataan sehingga hasilnya seperti kita lihat pada tabel diatas.
Dapat kita lihat banyak mahasiswa yang menanggap bahwa pembelajaran melalui media FB ini merupakan hal baru buat mereka.




BAB III
PENUTUP

Menurut saya Inovasi atau bukan inovasi yang dilakukan melalui media facebook merupakan salah satu pemanfaatan media yang menurut saya sudah ketinggalan. Ketinggalan dengan apa? Tentu saja dengan dunia industri. Sayapun baru menyadari bahwa Facebook dapat dijadikan sebagai media belajar jarak jauh. Tanpa tambahan biaya (murah), banyak yang mengetahui,mudah diakses dan tinggal bagaimana kita memanfaatkan fasilitas yang sudah ada di facebook. Terlepas dari hal tersebut maka banyak berdasarkan data facebook merupakan sebuah inovasi.