BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Sistem belajar
jarak jauh sudah dikembangkan sejak beberapa belas tahun lalu mulai dari
surat-menyurat, korespondensi, sampai ke media internetpun sudah dilakukan
sebagai inovasi dari pembelajaran. Lalu ketika penulis memasuki semester 4 ada
mata kuliah bernama DIP atau Difusi Inovasi Pendidikan yang menggunakan media
internet melalui jejaring sosial Facebook sebagai sarananya. Bapak Sitepu dan
Ibu Retno lah sebagai Dosen kami memberi tugas mengenai apakah pembelajaran
melalui jejaring sosial berupa Facebook merupakan Inovasi atau bukan sesuai
dengan teori Rogers dan Reigeluth dan membuat Diagramnya mengenai Berapa banyak
yang bilang yes,no ataupun yes&no.
2.
Identifikasi Masalah
Inovasi adalah pembaharuan atau sesuatu yang belum pernah ada
sebelumnya, tetapi mengacu pada teori Rogers dan Reigeluth pengertian mengenai
inovasi tersebut terdapat perbedaan yang mencolok dan tentu setiap orang
memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai makna inovasi tersebut menurut kedua
ahli tersebut dan pastinya jawaban yang bervariasi. Maka dari itu seberapa
banyak kah yang menganggap bahwa pembelajaran melalui jejaring sosial tersebut
merupakan Inovasi dan seberapa banyak yang menjawab bahwa belajar melalui
jejarin gosial tersebut bukan merupakan inovasi, atau bahkan kedua-duanya dapat
dibilang inovasi dan bukan inovasi?.
3.
Pembatasan Masalah
Pada tulisan ini
dibatas pada berapa banyak mahasiswa yang menganggap bahwa pembelajaran melalui
situs jejaring sosial merupakan hal baru atau bukan mengacu pada teori Rogers
dan Reigeluth.
4.
Rumusan Masalah
A.
Inovasi menurut Roger dan
Reigeluth
B.
Belajar melalui Facebook
apakah inovasi atau bukan?
BAB II
PEMBAHASAN
A. INOVASI
Inovasi
atau innovation berasal dari kata to innovate yang mempunyai arti membuat
perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru. Inovsai kadang pula diartikan
sebagai penemuan namun berbeda maknanya dengan penemuan dalam arti discovery.
Discovery memiliki makna penemuan sesuatu yang sebenarnya telah ada sebelumnya,
tetapi belum diketahui. Proff.Dr.Anna Poejiadi (2001) memberikan penjelasan
secara harfiah to discover berarti membuka tutup. Artinya sebelum dibuka
tutupnya sesuatu yang ada didalamnya belum diketahui orang. Kita berada ditengah-tengah samudera hasil
inovasi ada inovasi pengetahuan,teknologi, ICT,ekonomi,pendidikan,sosial, dsb.
Selain
itu Tujuan dari utama dari Inovasi adalah
·
Meningkatkan kualitas
·
Menciptakan pasar baru
·
Memperluas jangkauan produk
·
Mengurangi biaya tenaga
kerja
·
Meningkatkan proses
produksi
·
Mengurangi bahan baku
·
Mengurangi kerusakan
lingkungan
·
Mengganti produk atau
pelayanan
·
Mengurangi konsumsi energi
·
Menyesuaikan diri dengan
undang-undang
B. INOVASI MENURUT ROGERS
DAN REIGELUTH
Rogers menyatakan bahwa
inovasi merupakan ide, praktik, atau objek yang dianggap baru oleh suatu
individu atau kelompok. Jadi ketika inovasi tersebut baru disuatu tempat bukan
berarti dianggap baru ditempat lain.
Reigeluth
menyatakan bahwa inovasi adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan
berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu dimana hal ini dilakukan
untuk memperbaiki sistem yang telah ada sebelumnya dengan melibatkan berbagai
aspek agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai/
Jadi mengacu pada dua teori tersebut
maka Masyarakat DIP Reg diberikan pertanyaan oleh Bapak sitepu mengenai hal
tersebut
"Apakah
Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?".
Kalau Anda jawab "YES", atau "NO" atau "YES &
NO", berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth.
C. Facebook, Inovasi atau Bukan?
Sesuai dengan tanggapan yang ada maka saya mengumpulkan
pendapat mahasiswa dan memvisualkannya melalui Diagram, dan membaginya menjadi
beberapa kriteria.
KRITERIA
JAWABAN YES,NO,YES&NO
JUMLAH
|
|
YES
|
11 ORANG
|
NO
|
1
ORANG
|
YES&NO
|
17 ORANG
|
TOTAL
|
29 ORANG
|
71% mahasiswa menjawab yes &
no mengacu pada kedua teori tersebut, dimana dikatakan INOVASI ketika hal
tersebut dianggap baru oleh pengguna, dan tidak ketika inovasi tersebut
dianggap tidak baru, dan beberapa mengatakan mengenai kontinuitas akan forum
tersebut. Ketika forum tersebut sudah tidak digunakan lagi ketika pembelajaran
telah selesai atau sudah memenuhi kompetensi maka hal tersebut tidak dikatakan
lagi sebagai sebuah INOVASI.
KRITERIA JAWABAN YES & NO
Karena jawaban memiliki alasan
yang bervariasi maka saya membagi dalam 4 kateogri
Yaitu :
YES A : Menganggap inovasi karena baru untuk mereka
YES B : Menganggap Inovasi karena sesuai dengan teori Rogers
NO A : Karena sudah ada (web learning/melalui internet) maka
pembelajaran melalui FB ini bukan merupakan inovasi karena intinya menggunakan
internet.
NO B : Menganggap tidak karena jika pembelajaran melalui FB sudah
selesai seperti yang dikatakan Reigeluth mengani kontinuitas(keberlangsungan)
maka hal tersebut bukanlah inovasi.
Berikut tabelnya
JAWABAN
|
JUMLAH
|
YES A
|
24
|
YES B
|
8
|
NO A
|
4
|
NO B
|
14
|
TOTAL
|
50
|
Mengapa jumlah total dari jawaban
melebihi jumlah koresponden? Karena dalam 1 pertanyaan terdapat dua pernyataan
sehingga hasilnya seperti kita lihat pada tabel diatas.
Dapat kita lihat banyak mahasiswa
yang menanggap bahwa pembelajaran melalui media FB ini merupakan hal baru buat
mereka.
BAB III
PENUTUP
Menurut saya Inovasi atau bukan
inovasi yang dilakukan melalui media facebook merupakan salah satu pemanfaatan
media yang menurut saya sudah ketinggalan. Ketinggalan dengan apa? Tentu saja
dengan dunia industri. Sayapun baru menyadari bahwa Facebook dapat dijadikan
sebagai media belajar jarak jauh. Tanpa tambahan biaya (murah), banyak yang
mengetahui,mudah diakses dan tinggal bagaimana kita memanfaatkan fasilitas yang
sudah ada di facebook. Terlepas dari hal tersebut maka banyak berdasarkan data facebook
merupakan sebuah inovasi.